Wednesday 26 October 2011

Tips Menghapus dan Menghindari Bau Kaki

Rendam kaki dengan campuran buatan sendiri untuk mengusir bakteri penyebab bau pada kaki.
BSM – Anda pasti merasa risih atau malu, ketika harus membuka sepatu saat memasuki rumah orang dan tercium bau kaki Anda. Penyebab utama bau di tubuh adalah keringat. Bagian kaki sendiri bisa memproduksi hampir 570ml keringat dalam sehari. Namun, sebenarnya keringat hanya terdiri dari air dan garam yang tidak mengeluarkan bau. Ketika bercampur dengan bakteri, barulah keringat akan berbau. Berikut adalah tips kesehatan menghilangkan bau:

Ramuan yang dapat menghilangkan bau kaki:

Rendam dengan teh

Rendam kaki sesering mungkin dengan teh hangat. Caranya: siapkan baskom berisi air hangat-hangat. Masukkan ampas teh ke dalam baskom. Anda juga dapat menggunakan teh celup jika mau. Rendam telapak kaki Anda selama 10 menit. Bau kaki akan hilang jika rutin menggunakannya.

Jeruk nipis yang berguna

Setelah beraktivitas seharian, gosoklah kaki dengan menggunakan jeruk nipis. Baunya yang segar akan menghapus bau yang menempel selama Anda beraktivitas.

Cara Alami Hilangkan Pestisida Pada Sayur Dan Buah
Manfaatkan serbuk kopi

Bungkuslah kopi ke dalam kain yang bersih atau tisu. Masukkan ke dalam sepatu paling tidak sehari semalam atau sampai bau itu hilang. Kopi adalah zat yang dapat menyerap bau.

Taburi dengan soda kue

Ada bahan lain yang efektif untuk menghilangkan bau dari sepatu, yaitu soda kue. Ambil satu sendok makan soda kue, taburkan di dalam sepatu semalaman. Esok paginya, bersihkan. 


Gaya Hidup yang harus diubah untuk menghindari bau kaki.

6 Tips menghindari Kuman di Toilet
Potong kuku

Rajin-rajinlah memotong kuku. Jangan biarkan kotoran menumpuk. Selain tidak sedap dipandang, kuku kotor membuat kaki Anda berbau tak sedap. 

Perhatikan apa yang dimakan

Makanan pedas akan membuat tubuh kita menjadi lebih cepat berkeringat. Tidak terkecuali kaki. Kurangi makanan pedas jika tidak terlalu ingin berkeringat. Konsumsi kalori berlebih juga dapat membuat kaki Anda cenderung berkeringat. Makanlah makanan yang sehat dan tidak berlebihan. Berat badan berlebih dapat membuat kaki bekerja lebih berat dan berkeringat lebih banyak.

Ganti kaus kaki setiap hari

Jika lebih sering menggunakan sepatu olahraga atau sepatu tertutup, sebaiknya Anda memiliki kaus kaki dalam jumlah yang cukup banyak. Sangat disarankan mengganti kaus kaki setiap hari untuk mencegah berkembangnya bakteri. Sekarang sudah banyak dijual kaus kaki nyaman yang juga antibakteri. Jika Anda senang menggunakan stoking, pilihlah yang terbuat dari bahan katun.

Tips Cara Menghadapi Kolesterol Dengan Mudah - Alami

Miliki sepatu yang cukup

Sesuaikan jenis sepatu dengan kegiatan Anda. Sebaiknya sepatu kerja tidak digunakan untuk jalan-jalan atau kegiatan yang kira-kira akan memancing banyak keringat. Sepatu kerja tidak dibuat untuk itu. Jangan lupa untuk membiarkan sepatu berstirahat sehari semalam sehingga bau yang sempat mengendap dapat hilang. Gunakan sepatu lain di hari berikutnya. 

Perhatikan bahan

Sepatu atau sandal yang terbuat dari plastik akan membuat kaki menjadi cepat panas dan berkeringat. Jadi, hindarilah. Bagian dalam sepatu lebih baik berbahan dasar kain. Kain dapat menyerap keringat dengan baik dan juga nyaman. Selain bahan yang tidak sesuai, perekat yang digunakan dalam pembuatan sepatu juga dapat mengundang bau. Sebelum membeli sepatu, tak apa jika Anda coba menciumnya terlebih dulu. Jika bau bahan perekatnya terlalu menyengat, lebih baik tinggalkan.

Perhatikan bentuk

Untuk bentuk sepatu (selain sepatu olahraga), pilih yang lebih terbuka. Sepatu terbuka atau peep toe shoes dan sepatu dengan tali di belakang atau sling back shoes dapat menjadi pilihan. Dengan begitu, keringat akan menjadi lebih cepat menguap.

Deteksi Penyebab Dan Hilangkan Bau Mulut - Alami
Simpan dengan benar

Simpanlah sepatu di tempat yang teduh dan aliran udaranya lancar. Isi pula sepatu dengan koran jika tidak dipakai. Koran menyerap bau dan kelembapan. Menaruh silica gel di dalam sepatu juga dapat menghindarkan dari bau-bau tidak sedap. Silica gel menyerap kelembapan secara konsisten dan dapat ditempatkan di dalam sepatu untuk jangka waktu cukup lama. 

Ke dokter

Ketika semua cara yang di atas masih belum berhasil, jalan terakhir adalah mendatangi dokter. Konsultasikan permasalahan Anda. Dokter juga akan menanyakan kebiasaan yang sering Anda lakukan. Dengan begitu, penyebab bau kaki dapat ketahuan dan diobati. 

Hindari bau kaki dengan cara-cara sederhana berikut ini:

Relaxes The Body, in 10 minutes
- Cuci kaki dengan sabun dan air hangat dua kali sehari, lalu keringkan hingga benar-benar kering.

- Gunakan kaus kaki dengan bahan nyaman dan sirkulasi yang baik agar kaki tidak lembab. Hindari penggunaan kaus kaki berbahan nilon.

Penyebab dan Cara Menjauhi Kangker
- Pakai sendal yang terbuka bagian depan saat cuaca sedang panas. Ketika di rumah, cobalah bertelanjang kaki.

- Cek kemungkinan adanya infeksi jamur di antara jari dan bagian bawah kaki. Bila terlihat ada warna kemerahan atau kulit kering, gunakan produk perawatan untuk kaki atau bisa juga berkonsultasi dengan dokter mau pun petugas kesehatan.

Cara Tingkatkan Daya Ingat
- Jangan menggunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Sebaiknya gunakan sepatu yang berbeda dalam dua hari berturutan. Hal ini akan memberi waktu bagi sepatu untuk kering dalam waktu 24 jam.

- Hubungi dokter. Bau kaki sering terjadi, meski bisa juga menjadi tanda-tanda adanya masalah kesehatan. Segera hubungi dokter bila perawatan tidak mengurangi bau, termasuk jika kadar keringat cukup banyak di bagian kaki.

Kulit Bawang Atasi Diabetes

0 komentar:

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544