Saturday 8 October 2011

Deteksi Penyebab Dan Hilangkan Bau Mulut - Alami

Jakarta – Melakukan kebersihan pada mulut sering. Segala cara dilakukan mulai dari menyikat gigi meminum obat kumur bahkan memakan permen mint juga sudah. Semua rekomendasi dari dokter gigi sudah dilakukan, tapi mulut masih bau ya? Ada beberapa penyebab bau mulut yang harus Anda tahu meski merasa mulut sudah bersih.

Ada 7 penyebab mulut masih bau meskipun sudah sikat gigi.

1. Masih ada partikel makanan yang terselip di mulut

Itulah perlunya menyikat gigi dengan benar, karena sedikit saja sisa makanan yang tertinggal masih bisa bikin bau mulut. Mereka yang memakai gigi palsu berisiko lebih besar memiliki bau mulut akibat berkembangnya bakteri dari sisa makanan.

Tips Cara Menghadapi Kolesterol Dengan Mudah - Alami

2. Bakteri masih nempel di lidah
 
Orang biasanya rajin sikat gigi tapi lupa membersihkan lidah. Padahal, bakteri yang ada di lidah bisa menumpuk dan berkembang juga. Biasakan membersihkan lidah ketika warnanya sudah mulai berubah, karena itu tanda adanya bakteri di mulut.

3. Air liur dalam mulut kurang
Dalam mulut terdapat air liur, dan tanpa produksi liur yang cukup, mulut akan menjadi bau. Alkohol, kafein, dehidrasi atau efek samping obat bisa menyebabkan air liur berkurang dan mulut menjadi kering.

Minum air putih yang banyak atau kunyahlah permen karet untuk memicu produksi air liur. Hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena hanya akan menambah masalah.


4. Kurang konsumsi karbohidrat
 
Ketika tubuh kurang mendapat asupan karbohidrat, pembakaran dalam tubuh untuk menghasilkan energi digantikan oleh cadangan lemak yang disebut ketosis. Akibatnya, tubuh akan mengambil air lebih banyak dari bagian tubuh lainnya, termasuk air liur, dan itu menyebabkan mulut bau.

5. Kondisi medis
 
Penyakit-penyakit seperti gigi rusak, infeksi pernafasan, pencernaan atau penyakit hormonal bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak dalam mulut. Konsultasikan dengan ahlinya untuk mengatasi bau tersebut.




6 Tips menghindari Kuman di Toilet


6. Anda sedang stres
 
Stres biasanya berhubungan dengan masalah pencernaan dan bisa mengganggu kehigienisan mulut dan saraf-saraf di sekitarnya. Berlatihlah mengambil nafas dalam-dalam, jalan-jalan bersama binatang piaraan atau ikutilah kelas yoga untuk menghilangkannya.

7. Anda adalah perokok
 
Tar, nikotin dan kandungan dalam rokok bisa membuat nafas Anda tidak segar. Ketika Anda merokok, kelembaban dalam mulut pun akan berkurang dan itu adalah gejala awal dari bau mulut. Selama Anda masih punya kebiasaan merokok, mulut berisiko bau.
Cobalah minum cider (sari buah) apel atau gunakan baking soda dan air garam untuk mengatasi mulut yang bau.

 
Napas yang tidak sedap saat bangun tidur hampir terjadi pada semua orang. Meski bukan merupakan perkara serius, tapi bau napas bangun tidur bisa diatasi bila diketahui penyebabnya. Apa saja penyebabnya?

Bau mulut secara umum dapat terjadi secara permanen atau sementara. Gangguan ini memberikan dampak atau citra yang negatif bagi penderitanya. Tapi untuk bau mulut saat bangun tidur tampaknya hampir dialami semua orang.


1.  Penyebab utama bau mulut pagi hari adalah bakteri alami yang ada di mulut

Mulut mengandung berbagai bakteri yang memulai proses pencernaan.
Bakteri dalam mulut bersifat anaerob, artinya tidak dapat hidup tanpa bantuan oksigen dan tidak dapat tumbuh dalam mulut kering.Akibatnya, agar bertahan hidup bakteri ini akan mencerna protein yang tertinggal di mulut dari sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi, air liur, lendir dan bahan selular lainnya. Mendengkur dan bernapas lewat mulut saat tidur dapat meningkatkan dan memperburuk bau mulut saat bangun tidur.


Cara Alami Hilangkan Pestisida Pada Sayur Dan Buah



1.       Cek lidah

Mulailah dengan mengecek lidah. Bila lidah berwarna pink atau merah muda dan mengkilap, berarti menunjukkan napas Anda segar. Namun bila lidah berwarna putih dan bersisik, maka itu pertanda bau mulut.

2.      Jilat punggung tangan

Mencium napas sendiri di tangan bukan cara terbaik untuk memeriksa halitosis. Cara terbaik adalah dengan menjilat punggung tangan, biarkan kering selama beberapa detik dan kemudian cium permukaannya. Bila berbau tak sedap, maka Anda mengalami Bau Mulut atau halitosis.

Bagaimana mencegah bau mulut tak sedap di pagi hari?

1. Banyak minum

Melawam bakteri penyebab bau mulut seperti mempersiapkan pertempuran. Tetaplah terhidrasi dan banyak minum. Mulut kering adalah tempat yang nyaman untuk berkembang biak bagi bakteri penyebab bau mulut yang bersarang di lidah.

2. Kunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bebas gula dapat terus menghasilkan air liur yang merupakan cara alami untuk menghilangkan bau mulut.

Menggunakan penyegar mulut yang mengandung mint bukan ide yang buruk untuk menghilangkan bau mulut, namun hal tersebut hanya bersifat sementara.

3. Hindari makanan penyebab bau mulut

Bila khawatir menimbulkan bau, batasi konsumsi makanan seperti bawang putih, bawang merah, kari dan ikan.

Minuman yang bersifat asam seperti bir, kopi, wine (anggur) dan soda juga bisa menjadi pemicu bau mulut, karena dapat melepaskan senyawa yang berbau busuk, yang bisa diserap ke dalam aliran darah. Juga batasi coklat dan permen yang bersifat manis, karena kandungan gula dapat membantu bakteri mereproduksi di mulut.

Tips Kecantikan - Hilangkan Kantung Mata (alamiah)

4. Makan makanan penghilang bau mulut

Teh hijau memiliki sifat anti-bakteri yang mengalahkan bau busuk. Cinnamon atau kayu manis juga mengandung minyak esensial yang membunuh banyak jenis bakteri mulut.

Makan buah-buahan segar dan sayuran, seperti seledri atau apel, menawarkan manfaat penghilang bau mulut ganda. Mengunyah seledri atau apel akan menghasilkan lebih banyak air liur di mulut Anda, dan tekstur makanan tersebut juga akan membantu mengusir bakteri Melon dan buah berry juga membantu.

Jika Anda sudah mengubah gaya hidup dan kebiasaan makan namun bau mulut masih berlanjut, hubungi penyedia layanan kesehatan untuk memastikan itu bukan suatu tanda kondisi medis yang lebih serius.


Semoga Tips ini dapat membuat anda lebih mengerti cara mengatasi bau mulut ini :)

1 komentar:

Anonymous said...

premiuma account and cookies daily

http://nirmalmaza.blogspot.in/

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544