Sunday 2 October 2011

Cara Alami Hilangkan Pestisida Pada Sayur Dan Buah

Jakarta – Halo para pembaca khusus para ibu rumah tangga yang bingung bagaimana membersihkan pestisida padan buah dan sayur. Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. 

Berikut adalah artikel tips bagaimana hilangkan pestisida secara alami pada buah dan sayur. Tetapi pada survey kesehatan terbaru ternyata ditemukan lebih dari 60 atau tepatnya 67 jenis pestisida yang membuat buah dan sayur menjadi kotor.

Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, memikat atau membasmi hama, penyakit dan gulma yang tidak berpengaruh pada tanaman. Dalam kadar sedikit, penggunaan pestisida untuk tanaman buah dan sayur masih dapat ditolerir tubuh. Tetapi jika kadarnya sangat berlebih, bisa membahayakan untuk kesehatan, seperti menyebabkan kanker, ADHD pada anak, gangguan sistem saraf, gangguan tiroid dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.


Para petani pun tahu bahwa pestisida seringkali disebut sebagai 'racun'. Tapi banyak petani yang menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan agar bisa dipanen dikemudian hari. Agar hal buruk tak terjadi pada Anda dan keluarga, ada baiknya mengetahui cara menghilangkan pestisida dari sayur dan buah yang benar. Berikut 10 cara untuk menghilangkan pestisida tersebut.


1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang produk makanan, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur.
2. Cuci buah dan sayur dengan air bersih dan mengalir untuk membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran yang menempel.
3. Gunakan sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan pestisida dari buah dan sayur, serta tetap gunakan air yang mengalir.
4. Buang daun terluar dari sayuran berdaun dan kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir.
5. Kupas kulit sayur dan buah yang memiliki kulit tebal, terutama buah dan sayur yang dilapisi lilin.
6. Untuk menghilangkan lilin juga bisa dengan dicuci dengan air hangat yang dicampur garam dan air lemon atau cuka.
7. Jangan gunakan deterjen atau sabun yang dapat meninggalkan sisa bahan kimia lain di buah dan sayur.
8. Memasak membantu mengurangi beberapa sisa pestisida dalam buah dan sayur yang tidak hilang saat dikupas atau dicuci.
9. Sebaiknya belilah buah dan sayur organik bila Anda tetap takut dengan pestisida.
10. Jika memiliki kebun, Anda juga bisa menanam sendiri buah dan sayur sehingga dapat dipastikan tidak mengandung pestisida.

0 komentar:

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544