Friday 28 October 2011

Berjemur Pagi Hari Kurangi Resiko Kangker Kulit

Jakarta - Banyak pendapat beranggapan bahwa terlalu sering terpapar sinar matahari bisa berisiko kanker kulit. Tapi jika pagi hari, sinar matahari justru memberi banyak manfaat.

Seperti yang dikutip dari Daily Mail, berjemur pada siang maupun sore hari dapat meningkatkan risiko hingga lima kali lipat terkena kanker kulit

Hal ini dikarenakan protein yang dihasilkan oleh tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan sinar ultraviolet bekerja paling aktif pada pagi hari. 


Para ilmuwan menyarankan, sebaiknya berjemur dilakukan sebelum waktu makan siang. Bahkan menurut tim peneliti dari North Carolina University, sinar matahari pagi dapat bantu mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Sebuah penelitian mengujicobakan tikus sebagai objek percobaan. Dalam tes tersebut ditemukan bahwa tikus yang terkena paparan sinar UV mendapatkan risiko lima kali lebih besar terkena tumor kulit, dibandingkan dengan tikus yang mendapatkan dosis sinar UV yang sama di malam hari.



Para peneliti di Amerika percaya bahwa hasil tersebut berkerja sebaliknya pada manusia karena tikus lebih aktif di malam hari dan memiliki jam tubuh yang terbalik.

Penelitian menyarankan bahwa membatasi waktu berjemur atau 'booth tanning' pada pagi hari dapat mengurangi risiko kanker kulit pada manusia. 

0 komentar:

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544