Thursday 27 October 2011

Khasiat Mengkudu Sebagai Obat Kangker dan Daya Tahan Tubuh

Jakarta - Buah mengkudu adalah buah yang sangat jarang kita konsumsi, aromanya yang tidak sedap dan rasa yang pahit, tentunya membuat kita tidak berselera untuk meminumnya.

Akhir-akhir ini buah mengkudu banyak diburu orang selain menjadi bahan andalan suplemen juga dikonsumsi sebagai jus buah. Khasiatnya dipercaya dapat memusnahkan berbagai penyakit. 


Tinggi pohonnya bisa mencapai 3-8m. Daunnya tebal dan lebar, buahnya berbentuk lonjong, dan berwarna hijau kekuningan, serta bertotol-totol seperti ada matanya Kalau sudah tua berwarna kuning dan aromanya tidak sedap.

Mengkudu, memiliki banyak komposisi yakni memiliki sumber karbohidrat, vitamin A, vitamin C, zat besi dan niasin. Daging buahnya rendah lemak dan tinggi protein. Nutrisi inilah yang sangat diperlukan tubuh untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. 


Berikut ini sejumlah manfaat mengkudu yang baik buat tubuh:

Daya tahan tubuh

Buah mengkudu memiliki banyak nutrisi untuk daya tahan tubuh seperti vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Semua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


Antioksidan
 
Penelitian mengatakan meminum jus mengkudu membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.
 


Anti inflamasi

Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena serangan jantung

 Analgesik
 
Buah mengkudu juga memiliki khasiat sebagai obat alami untuk meredakan rasa sakit di bagian sendi juga sebagai obat peredam sakit kepala. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.
 
Melawan kuman

Buah mengkudu memiliki senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan sifat yang dimiliki sebagai antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh. 

Anti kanker

Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Mengendalikan tekanan darah

Buah mengkudu dapat mencegah hipertensi sehingga tekanan darah menjadi stabil.

0 komentar:

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544