Saturday 29 October 2011

Resep Sehat Menolak Penyakit

Jakarta - Musim peralihan atau pancaroba dan musim dingin sering kali membuat kesehatan tubuh menurun.

Penyakit pilek dan flu sering menjadi penyakit langganan pada musim tersebut.Tetapi banyak juga orang yang daya tahan tubuhnnya tinggi sehingga tidak gampang jatuh sakit. 


Berikut adalah empat jurus rahasia dalam menolak sakit:

1. Berteman dengan udara segar


Pergi keluar mencari udara segar bukan hanya mengistirahatkan tubuh dari kuman di rumah, tapi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.


Berolahraga di luar ruangan akan meningkatkan sel-sel pembunuh alami, yaitu neutrofil dan monosit, yang pada akhirnya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
 


2. Relaksasi untuk lawan pilek

Rahasia berikutnya adalah menghindari stres, sebab stres meningkatkan kerentanan tubuh terkena flu.

Hormon glukokortikoid menghambat kemampuan tubuh memproduksi sel-sinyal molekul yang disebut sitokin yang memicu respons sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.

Ketika stres, orang cenderung kurang mengurus diri sendiri, kurang tidur, tidak makan dengan benar dan kurang berolahraga.
 


3. Pastikan tangan tetap bersih

Pilek dan flu menyebar melalui sentuhan. Jauhkan jari dari mata, hidung dan mulut sebanyak mungkin dan pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.


Kuman dapat tumbuh pada sabun batangan, jadi gunakan jenis sabun cair
dan pilihlah sabun antibakteri. 

Basahi tangan dengan sabun selama 20 detik sebelum dibilas dan pastikan hingga benar-benar kering. Tangan basah jauh lebih mungkin menyebarkan bakteri daripada yang kering. 

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur secara terus-menerus bisa menghambat kemampuan fungsi sistemkekebalan tubuh. Meskipun para ahli sering mengatakan bahwa kebutuhan tidur berbeda-beda untuk setiap individu, 

sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon 2009 menemukan bahwa waktu tidur kurang dari 7 jam meningkatkan risiko terkena flu tiga kali lipat. Tujuh jam yang dimaksud adalah tujuh jam penuh, tanpa terbangun di tengah malam. 

0 komentar:

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544