Wednesday 26 October 2011

Warna Terang Jadi Tren Busana Muslim 2011

Jakarta - Tahun ini, dunia mode busana muslim tampil dengan 'wajah' yang lebih meriah. Model busana tumpuk dengan warna-warna ceria serta motif yang atraktif menjadi tren saat ini. 

Seperti yang dikatakan Irna Mutiara, desainer busana muslim terkenal dengan busana muslim pestanya 'Irna La Perle', bahwa busana muslim tak lagi tampil dengan palet lembut. 

Menurutnya tren busana muslim di tahun 2011 tampil lebih berani dengan warna-warna terang. "Kalau dulu saya banyak mengenakan warna-warna soft, kali ini saya mencoba warna-warna yang berani sesuai dengan tren tahun ini," ujar Irna saat diwawancara oleh wolipop.

Pengaplikasian palet terang juga terlihat dalam pagelaran busana Islamic Fashion Festival (IFF) ke-13 yang diadakan pada 25-26 Juni Lalu. Misalnya saja karya Paul Ropp dari Bali yang menghadirkan konsep padu padan dan teknik tumpuk.

Paul juga memamerkan delapan set busana yang hadir dalam warna-warna terang motif floral dan dipercantik dengan bordiran serta manik-manik di atas kain tenun dan sutera.

Brand busana muslim Shafira yang baru saja menggelar peragaan busana untuk koleksi terbarunya yang bertajuk 'Beyond Border', juga menawarkan rangkaian koleksi penuh warna. Mulai dari warna fuschia, ungu, kuning, oranye hingga hijau. Semua tertuang di atas kain tenun Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam koleksi terbarunya, Shafira jarang menampilkan terusan gamis dan tunik. Brand yang sudah memiliki 22 showroom di berbagai kota di Indonesia ini memberikan pilihan alternatif misalnya saja blus longgar asimetris, jaket tenun, dan kerudung rajut.

Memadukan busana berwarna terang dengan kerudung atau aksesori yang juga terang sudah bukan hal yang tabu lagi. Menurut Irna, hal tersebut adalah hal yang sah dan wajar. "Sekarang mau pakai kerudung warna merah, baju warna biru dan tas warna hijau, sudah tidak masalah. Sah-sah saja," terang wanita yang gemar mengenakan jilbab model tumpuk ini.

Menggunakan busana tabrak warna memang tak semudah yang dikira. Salah padu padan bisa membuat Anda tampak berlebihan. Ada beberapa peraturan yang perlu diketahui agar penampilan tetap proporsional dan bergaya dengan busana colorblock.

1. Pilih kombinasi warna yang tepat
Untuk mengaplikasikan tren mode ini, pemilihan kombinasi warna yang tepat merupakan kunci utama. Warna-warna terang yang cocok bila dipadu padankan contohnya seperti, pink dengan ungu, oranye dengan biru, biru cobalt dengan merah. Sebagai inspirasi, Anda bisa melihat koleksi Spring/Summer 2011 milik Jil Sander disini.

2. Lebih cerah lebih baik
Jika Anda ingin mengenakan busana tabrak warna dari kepala sampai kaki, sebaiknya jangan tanggung-tanggung. Pilih warna 'color block' yang terang untuk dapatkan tampilan maksimal. Warna pastel atau pucat terlihat setengah hati.

3. Padukan dengan motif
Cara mudah untuk membuat tampilan color block Anda lebih bergaya adalah dengan berinvestasi dalam busana bermotif garis yang berwarna terang seperti pada koleksi Spring/Summer 2011 milik Prada. Padukan atasan polos hijau dengan rok motif garis berwana hitam dan kuning sebagai contoh.

4. Kenakan bersama busana berwarna putih
Jika Anda kurang berani untuk tampil penuh warna, netralkan warna terang dengan memadukannya bersama busana berwarna putih. Bisa dengan kemeja, rok, celana, atau bahkan kaus putih seperti koleksi busana musim panas dari Jil Sander.

5. Aplikasikan 'color block' dalam pemakaian aksesori
Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan tampilan color block. Terusan mini hitam akan tampak lebih seru dengan clutch bag warna oranye, sepatu merah dan gelang biru.

Anda siap mencoba tren ini? Sebagai inspirasi untuk anda liat fashion recommendation disini.

2 komentar:

Rama88 said...

wahhh cocok nih buat ibu2,, hehhehe, makasih infonya sob,, maaf baru sempet mmapir disini,, :D

Heldalory said...

remaja jg oke gan, tp yg gak suka ribet kynya gak bakal ikut tren ini.

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544