Saturday, 8 October 2011

Alibaba VS Microsoft : ADU KUAT BELI YAHOO!

Jakarta - Saat ini dua perusahaan raksasa tengah mengincar untuk membeli Yahoo!. Keduanya adalah perusahaan raksasa bisnis e-commerce Alibaba.com dari China dan Microsoft. Alibaba siap mengakuisisi Yahoo! melalui pembelian saham Yahoo! yang kini dikuasai sejumlah investor lain.



Jack Ma, adalah pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Alibaba yang secara terus terang menyatakan ketertarikannya membeli Yahoo!. Bukan hanya sebagian tapi seluruh saham Yahoo! yang ingin dibeli oleh Jack Ma.

Reuters, akhir September lalu melansir bahwa juga sudah mendiskusikan kemungkinan akuisisi tersebut dengan beberapa pembeli potensial lainnya. Ma menyampaikan sendiri perkembangan proses akuisisi tersebut saat menjawab pertanyaan peserta seminar di Universitas Stanford, Palo Alto, California. Amerika Serikat.

Yahoo will be sold ?


Pada saat ditanya apakah Alibaba tertarik menyembuhkan tekanan yang dialami perusahaan internet di AS, Jack Ma menjawab dirinya sangat tertarik pada Yahoo!. Ma yang mantan guru bahasa Inggris ini menegaskan, dia tertarik pada setiap bagian dari Yahoo!. Ketika ditanya, bagian mana dari Yahoo! yang dia sukai, dia menjawab, "China sudah menjadi milik kita, bukan? Dia (China) sudah ada dalam kantung saya."
Lain halnya dengan Microsoft. Perusahaan ini semula tertarik membeli Yahoo!. Raksasa software milik Bill Gates ini kabarnya memulai usaha keduanya mendekati Yahoo!. Mengutip narasumber internal yang enggan disebutkan namanya, Reuters menyebutkan, Microsoft kini tengah menimbang tawaran potensial untuk Yahoo! Ada dugaan, usahanya kali ini akan mencapai kesepakatan. Kalangan investor Yahoo! menyambut baik laporan tersebut. Hal ini berdampak pada peningkatan harga saham Yahoo! lebih dari 10 persen.

Terkait dengan akan masuknya pemilik baru membuat saham Yahoo! di lantai bursa melonjak hingga mencapai 13,8 dollar AS per lembarnya. Mengambil Yahoo! akan menolong Ma memperlebar kerajaan e-bisnisnya ke dalam salah satu paling penting di dunia. Sudah santer terdengar bahwa Alibaba memang sudah melirik pasar Amerika sejak lama dan sedang mempersiapkan sebuah basis baru di Tanjung San Fransisco.

Chief of Executive Officer Yahoo Dipecat

 Kabar bahwa Yahoo! akan dijual kian santer setelah ditinggal CEO Carol Bartz. Nama Microsoft yang dahulu pernah sangat berminat membeli Yahoo! pun kembali disebut-sebut. Belum ada konfirmasi resmi dari Yahoo! mengenai informasi ini.

Pada 2008 lalu, Microsoft sempat mundur teratur dalam upaya mengakuisisi Yahoo! karena ketidakcocokan harga.

Kantor pusat Yahoo! di Silicon Valley, California, AS

1 komentar:

arif cool said...

mantap ....entar aku aja yg beli yahoo

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544