Friday 14 October 2011

BlackBerry BBM vs iMessage Apple

Jakarta – Sebagai juara bertahan ponsel cerdas, kini Apple menantang BlackBerry dalam hal pesan instan yakni BBM atau BlackBerry Messenger.

Baru-baru ini Apple membuat terobosan baru lagi. Apple meresmikan  iOS 5. Salah satu fitur baru yang ditawarkan oleh iOS terbaru ini adalah layanan instant messenger ala Apple bernama iMessage.

Apple berharap iMessage dapat menjadi salah satu alasan utama bagi pengguna iPhone, iPad dan iPod touch (iDevice) untuk terus menggunakan iDevice mereka, dan pengguna BlackBerry serta serta smartphone lainnya untuk melirik iDevice. 


iMessage adalah layanan messaging yang diharapkan dapat menyaingi popularitas BBM (BlackBerry Messenger). Layaknya fitur BBM pada BlackBerry. Aplikasi ini memungkinkan pengguna berkirim pesan dalam bentuk teks, foto, bahkan video ke sesama pengguna iPhone, iPad atau iPod Touch. Aplikasi ini bisa digunakan melalui jaringan internet 3G atau pun WiFi.iMessage adalah jawaban Apple untuk melawan dominasi BlackBerry Messenger (BBM).

Seperti BBM, pengguna iMessage dapat bertukar pesan singkat, foto dan video dengan cepat dengan sesama iDevice. Fitur notifikasi pesan kalau sudah dibaca oleh lawan bicara yang banyak digandrungi di BBM, juga ada di iMessage. Tidak lupa juga: Fitur pembuatan dan percakapan dalam 'Groups'.

iPhone 4S/ iPhone 5 ? of course iPhone 4S !!

Seperti BBM , iMessage juga mengunci percakapan dengan enkripsi. Artinya, seperti BBM, percakapan yang dilakukan dengan iMessage hampir tidak mungkin bisa disadap melalui jaringan seluler.

Perbedaan yang paling signifikan
antara keduanya adalah fitur sinkronisasi otomatis yang ditawarkan oleh iMessage jika kita menggunakan lebih dari satu iDevice. Tidak seperti BBM, kita dapat melakukan sebuah percakapan yang sama menggunakan lebih dari satu iPhone, iPad dan iPod touch.

Tidak berbeda dengan fenomena BBM , iMessage menciptakan sebuah 'social circle' atau lingkaran sosial baru. Karena penjualan iPhone dan iDevice lainnya di Indonesia masih jauh dibawah BlackBerry, lingkaran sosial ini bisa jadi lebih menarik karena jauh lebih eksklusif.

Seperti 'pin' BBM
, bisa jadi kepemilikan alamat email dan/atau nomor telepon yang tersambung dengan iMessage dapat menjadi simbol status baru yang harus ditebus dengan memiliki iDevice.

0 komentar:

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544