Monday 24 October 2011

Tips Sewa Tempat Menginap Untuk Berlibur

Jakarta - Selain packing, biaya perjalanan dan transportasi, tempat menginap juga jadi salah satu hal terpenting saat merencanakan liburan bersama keluarga. 

Apa saja yang harus diperhatikan saat memilih hotel, villa atau rumah untuk berlibur? Berikut ini tips menyewa tempat untuk berlibur.

1. Jumlah Anggota Keluarga
 
Jika anda memiliki anggota keluarga banyak, tentu Anda tidak bisa menyewa hotel dengan kamar single atau double sekalipun. Akan lebih hemat jika Anda menyewa villa atau rumah singgah. Paling tidak, setiap anggota keluarga bisa leluasa beraktivitas dan nyaman saat tidur.

2. Peraturan di Tempat Menginap
 
Perhatikan terlebih dahulu peraturan seperti apa di tempat Anda menginap. Tanyakan hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama Anda dan keluarga menginap disana. Jangan lupa tanyakan mengenai biaya tambahan jika Anda memakai jasa cleaning service, juru masak atau pelayanan lain yang memakai tarif khusus. 


3. Gaya Hidup Sehari-hari

Perhatikan juga gaya hidup dan kebiasaan keluarga sehari-hari. Hal ini bisa membantu Anda menentukan tempat menginap liburan. Apakah Anda dan keluarga tipe yang suka repot, cenderung berantakan atau gila kerapihan? Adakah anggota keluarga yang merokok? Hal-hal tersebut perlu diperhatikan karena mungkin tempat yang Anda sukai tidak membolehkan tamunya merokok atau membawa-bawa sesuatu yang berbau menyengat.



4. Cari Ulasan Soal Tempat Tersebut

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana pendapat tamu yang berkunjung ke tempat itu sebelumnya. Anda tentunya tidak mau acara liburan jadi terganggu karena tempat yang disewa kurang baik pelayanannya, atau bangunannya tidak bersih. 

Mintalah rekomendasi dari beberapa teman yang pernah ke sana, atau baca review nya di forum-forum online atau blog. 


5. Bujet
 
Inilah faktor yang sangat penting. Sewalah tempat yang sesuai dengan bujet Anda. Tapi sebelum itu, hitunglah bujet Anda dengan seksama. Catat dengan detail uang yang tersedia, dan perhitungan biaya sewa selama di sana. Jangan lupa siapkan dana lebih untuk keadaan darurat atau biaya tak terduga. Jika akan ada dua atau tiga keluarga yang ikut, pertimbangkan untuk membagi pembayarannya agar lebih ringan.

6. Fasilitas
 
Fasilitas apa saja yang Anda harapkan ada di penginapan? Apakah Anda perlu koneksi internet? Perlu mandi di bath tub, ingin tempat yang dekat dengan pantai, kolam renang atau fasilitas lain? Anda perlu memperhatikan hal-hal tersebut demi kenyamanan selama liburan. 

1 komentar:

Rama88 said...

asik tuh kalo liburan rame2 dan nginap,, hehhehe,, terima kasih atas tipsnya sobat,, maaf lama gak mampir,, heheheh

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544