Sunday 23 October 2011

Cerdik dan Cermat Membeli Barang Elektronik


Jakarta – Anda mungkin sering berbelanja pakaian , sepatu dan tas. Tetapi bagaimana anda jika berbelanja barang elektronik apakah semudah berbelanja barang-barang fashion? 

Tentunya tidak. Memerlukan perhitungan jeli dan matang sebelum melakukan pembelian. 

Masalah yang sering terjadi adalah pembeli terjebak dengan harga barang mahal yang sebenarnya fiturnya tidak terlalu dibutuhkan. 


Berikut adalah tips berbelanja barang elektronik yang bermanfaat agar anda bisa berhemat dan mendapatkan penawaran terbaik dengan memperhitungan segala kepentingan anda. 


1.  Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum membeli perabot elektronik, Anda harus tahu benar fitur-fitur apa yang paling dibutuhkan. Misalnya saja CD player, apakah Anda memerlukan yang bisa memutar 6 CD sekaligus atau cukup satu? Anda lebih perlu TV stereo plasma atau cukup TV kecil untuk ditempatkan di ruang kerja? Sekali Anda bisa menentukan pilihan, akan lebih mudah mencari alat elektronik dari berbagai merk berbeda, dan tentunya, mendapatkan penawaran harga terbaik.

2.   Cari di Beberapa Toko


Beberapa toko atau retailer produk elektronik menerapkan kebijakan yang berbeda untuk setiap produk yang dijualnya. Mulai dari harga, kenyamanan, pengembalian barang hingga pelayanan konsumen. Maka dari itu, jangan hanya berbelanja di satu tempat saja, karena mungkin Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih di toko lain. Tapi sekali lagi, beli yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. 


  Beli yang Benar-benar Diperlukan

Banyak merk elektronik yang menawarkan produk dengan berbagai model dan fitur yang menggiurkan. Fitur yang semakin canggih dan variatif, tentunya harganya juga akan lebih mahal. Tapi pikirkan sekali lagi, apakah Anda benar-benar memerlukan semua fitur itu?

Ambil contoh kamera digital. Jika Anda hanya memerlukan kamera sebagai alat dokumentasi keluarga, bukan profesional, tidak perlu membeli kamera digital dengan resolusi hingga 6 megapiksel.

4.  Tunggu Harga Turun

Salah satu cara berhemat saat membeli alat elektronik, adalah belanja koleksi barang yang dirilis dua atau satu tahun lalu. Anda harus mempertimbangkan, apakah memang perlu membeli iPod, smartphone atau DVD player keluaran terbaru saat itu juga?


Dalam enam atau delapan bulan, permintaan pasar barang elektronik yang terbaru biasanya lebih sedikit. Saat itu, harga barang juga akan turun. Jika tidak mendesak, sebaiknya tunggu beberapa lama setelah barang baru dirilis, karena biasanya harganya sedikit lebih murah. 


0 komentar:

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544