Friday 30 September 2011

Tips Marketing Produk Tersukses


Jakarta – Sebuah Kesuksesan seseorang banyak dipengaruhi oleh faktor marketing anda atau networking. Kata Networking bukan hanya sebatas koneksi kerja saja, tetapi hubungan langsung ke klien atau konsumen sehingga trend bisnis yang kita jalankan atau sebuah brand akan exist dalam masyrakat. Istilah networking ini hampir sama dengan marketing karena memiliki tujuan yakni membuat hubungan baik hubungan personal ataupun hubungan produk. Dengan memperluas lingkaran networking Anda, maka kesuksesan lebih mudah diraih.

Menyikapi hal ini, banyak orang merasa kesulitan dalam melakukannya, dikarenakan rasa tidak percaya diri atau tidak tahu teknik yang tepat. Marketing hampir sama dengan proses kencan. Layaknya berkencan, marketing membutuhkan sebuah rencana. Menentukan tujuan bisa dilakukan berdasarkan tujuh langkah berikut ini.

1. Tujuan yang Spesifik & Jelas

Anda perlu pekerjaan baru, klien lebih banyak atau ekspansi bisnis? Hal ini kurang jelas sifatnya. Tentukan dengan spesifik apa yang sebenarnya ingin Anda capai. Ingin pekerjaan baru di bidang apa, perusahaan apa dan sistem kerja seperti apa dengan range gaji berapa. Hal ini akan mempermudah orang lain untuk membantu Anda.

2. Rancang Lingkup Koneksi Anda

Mungkin hal ini terdengar sulit dan lama, namun membagi orang berdasarkan tujuan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan bisnis. Tetapkan networking Anda berdasarkan bulanan, tahunan hingga dua hingga lima tahunan (masa depan).

Contoh: Koneksi jangka pendek berarti menelpon teman untuk makan siang, minum kopi bersama dan membahas perkembangan bisnis terbaru. Jangka panjang berarti menentukan orang-orang di lingkup usaha Anda, entah itu kompetitor, mitra usaha, dan komunitas bisnis yang bisa memperkaya pengetahuan Anda.

Jangka masa depan berarti memperluas lingkup bisnis yang sudah diperkuat seperti mencari koneksi usaha di area yang skalanya lebih besar seperti luar kota/negeri, mencari supplier baru, hingga memanfaatkan promosi di area yang belum terpikirkan sebelumnya.

3. Realistis

Pastikan tujuan networking Anda realistis sesuai dengan rentang waktu yang telah ditentukan (poin 2). Tujuan akan berjalan mulus jika Anda fokus dan terus termotivasi. Jadi pastikan tujuan awal Anda tidak muluk-muluk dan simpel.

4. Selalu Update Koneksi Anda

Memiliki koneksi banyak akan percuma jika Anda tidak melakukan apa-apa dengannya. Hubungilah mereka secara rutin dan biarkan mereka terus ingat pada Anda. Dalam permainan The Sims, hal ini juga selalu diingatkan jika Anda ingin sukses, jangan pernah sampai orang lupa akan diri Anda. Tetap update dengan perkembangan mereka dan juga sebaliknya. Anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang bisa menolong Anda. Anda juga dapat memakai situs jejaring sosial untuk melakukan update terhadap diri anda/ atau bisnis anda. Biarkan semua orang tahu tentang anda apa yang anda kerjakan bahkan bisnis anda sendiri seperti yang marketing ala Kim Kardashian.

5. Bersenang-senang

Terkadang, seseorang terlalu serius dan menetapkan tujuan yang terlalu besar sehingga sulit untuk bangkit saat menemui kebuntuan. Bersenang-senanglah. Datang ke setiap acara layaknya Anda mendatangi pesta yang diadakan sahabat akan terasa lebih menyenangkan ketimbang menganggap hal tersebut hanyalah pekerjaan yang harus dilakoni sebagai rutinitas.

6. Evaluasi Diri

Coba evaluasi kembali tujuan yang telah Anda tetapkan. Lakukan perubahan dan penyesuaian jika diperlukan. Meskipun networking berarti berkenalan, bukan berarti Anda tidak perlu mencatatnya. Pindahkan ke jurnal kerja Anda, siapa saja yang telah Anda temui setiap hari. Hal ini memudahkan untuk terkoneksi dan membentuk tujuan baru.

7. Periksa Modal Anda

Bahkan untuk berkencan sekalipun Anda perlu uang. Networking juga membutuhkan modal untuk membawa klien potensial minum kopi atau makan siang. Dalam skala yang lebih besar, mungkin aktivitas Anda ini dibiayai oleh kantor, namun jika Anda bekerja secara independen, mungkin Anda memerlukan bantuan tenaga akuntan untuk mencatat segala pengeluaran.

Jurus Marketing Paling TOP – ala Kim Kardashian

1 komentar:

Produk Marketing said...

Diantara semua langkah - langkah sangat power full diterapkan mas, apa lagi ditambah dengan Facebook Marketing yang lagi booming saat ini, saya rasa akan sangat lengkap lagi.

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544