Friday, 23 September 2011

Nasib Palestina Ditentukan Hari Ini

Jakarta - Hari ini adalah hari bersejarah dan hari yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Palestina. Hari ini Presiden Mahmoud Abbas secara resmi akan mengajukan keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selama hampir sepekan tentang gosip keanggotaan Palestina menjadi polemik, khususnya selama penyelenggaraan Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS). Banyak negara yang mendukung keanggotaan Palestina, tetapi ada pula penolakan atas rencana ini.

Palestina dan Israel adalah dua negara yang saling berebut wilayah di Timur Tengah. Selama dua dekade, kedua pihak terus melakukan negosiasi untuk membentuk sebuah perdamaian. Tetapi selama dua dekade itu pula kegagalanlah yang dihasilkan.

Konflik antara kedua pihak ini sudah berlangsung sejak lama, atau lebih tepatnya sejak 1948 lalu saat gerakan zionis Israel mulai menguasai Palestina. Sebelumnya, Palestina masih berada di bawah koloni Inggris hingga sejak negara itu ditaklukan oleh Raja Mesir Muhammad Ali. 

Tetapi pada 1940, Inggris merebut Palestina pada akhir abad 19, memulai imigrasi zionis serta menghidupkan kembali bahasa Hebrew.

Pergerakan zionis terus didukung oleh Inggris selama Perang Dunia I, dengan dikeluarkannya Deklarasi Balfour pada 1917. Inggris pun menguasai Yerusalem dan mendapatkan mandat untuk menguasai wilayah Palestina pada 1922 silam. 

Warga non-Yahudi Palestina bergolak melawan mandat ini. Perlawanan tersebut berlangsung sejak 1920, 1929 dan 1936 dan pada puncaknya, Inggris mengumumkan penghapusan mandat tersebut pada 1947 usai Perang Dunia II khususnya setelah peristiwa holocaust. Sidang Majelis Umum PBB pada saat ini memutuskan pemisahan wilayah Arab dan wilayah Yahudi Palestina.

Para pemimpin Yahudi mendukung keputusan PBB tersebut, tetapi tidak demikian pihak Komiter Tinggi Arab. Akhir perang pun pecah dan Israel pun mendeklarasikan negaranya pada 1948 lalu.

Pada Perang Arab-Israel di tahun 1948, Israel berhasil merebut dan menguasai 26 persen wilayah dari mandat yang sudah ditentukan sebelumnya. Pada Perang Enam Hari di Juni 1967, Yordania yang sebelumnya menguasai Tepi Barat dan Mesir yang menguasai Gaza, harus kehilangan mandatnya saat kalah dari Israel dan sejak saat itu Negeri Yahudi tersebut memulai kebijakan pemukiman warga Yahudi.

Inilah yang diperjuangkan Palestina selama ini. Setelah melakukan serangkaian perundingan dengan Israel selama kurang lebih 20 tahun, Palestina sepertinya mulai frustrasi dan saat kini pun mengajukan keanggotaan penuh di PBB.

Bila diterima, keanggotaan penuh Palestina di PBB akan membawa keuntungan karena dapat membuat Palestina berdiri sejajar dengan Israel dalam setiap perundingan yang mereka lakukan.

Tetapi keinginan Palestina ini bukan tanpa halangan. AS jelas-jelas menolak rencana Palestina itu dan akan menggunakan hak veto mereka. Sementara Prancis, tampak setengah hati mendukung Palestina dengan mengajukan Palestina sebagai negara pengawas. 

Hal serupa juga diutarakan oleh Inggris. Negeri Ratu Elizabeth tersebut, meminta Palestina untuk tidak menjadi anggota penuh tetapi lebih sebagai anggota tidak tetap.

Dukungan pun datang dari negara pemegang hak veto seperti Rusia dan China. Tetapi meski mayoritas negara mendukung keanggotaan Palestina, bila salah satu dari negara tetap yang memegang hak veto menggunakan haknya, maka secara otomatis keinginan Palestina akan gagal.

Tepat hari ini, Palestina mengajukan keanggotaan mereka secara resmi. Setelah itu, negara anggota PBB akan memberikan suara mereka mengenai rencana mencari pengakuan Palestina. Semuanya tergantung dari Palestina, apakah mampu meluluhkan AS yang sejak awal tidak menyetujui langkah Negeri Yaser Arafat ini atau tidak.


3 komentar:

» ℜÎ∃∃ΖÅ⌊ ∂ΠΪЖ℮ « said...

Nice Artikel gan...
Jadi bertambah nie ilmu guwe..
Thanks ea gan infonya....

Visit Back ea...
http://rizal-narutoanime.blogspot.com/

Bangjal Dua Tiga said...

Doaku untuk kawan-2 yang ada di palestina..

Devanoby said...

semoga tuhan tau yg mana yg benar..
semoga palestine merdeka dan masyarakatnya baik2 aja disana.. :)

nice artikel gan.. :D

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544