Friday, 23 September 2011

15 Jam Menuju Bumi

JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperkirakan kemungkinan besar bangkai satelit UARS akan jatuh besok pagi.

Pantauan terakhir mengenai ketinggian bangkai satelit Upper Atmosphere Research Satellite (UARS) dari Bumi, secara global kini berjarak 170 KM atau 20 Km lebih dekat dari jarak yang dilansir LAPAN kemarin yakni 190 KM.

"Meskipun jaraknya semakin dekat, namun hingga kini UARS masih belum dapat dipastikan dengan tepat kapan jatuhnya. Memang rentang ketidakpastiannya sudah semakin sedikit. Kemungkinan besar akan jatuh dalam waktu kurang lebih 15 jam dari saat ini," ungkap Thomas Jamaluddin, Ketua LAPAN, saat dihubungi koresponden kami, Jumat (23/9/2011).

Rentang jatuhnya bangkai satelit tersebut pada permukaan Bumi diperkirakan akan menimpa beberapa wilayah mulai dari Benua Pasifik hingga Benua Afrika. Tapi Thomas menegaskan potensi terbesar berada pada permukaan Bumi dengan rentang 57 derajat Lintang Utara dan 57 derajat Lintang Selatan.

"Pantauan terakhir LAPAN pada bangkai satelit UARS saat melintas di atas permukaan Indonesia terlihat sejak pukul 03:38 WIB dengan jarak 191 KM, kemudian pukul 05:06 WIB berjarak 190 KM. Dan nanti sore sekira pukul 16:05 WIB berada pada jarak 179 KM, sedangkan pukul 17:34 WIB UARS akan berjarak 176 KM," jelasnya.

Thomas mengungkapkan perkiraan UARS tiba di permukaan Bumi akan terjadi besok pagi sekira pukul 07:42 WIB.

"Semua pulau di Indonesia mulai dari Sabang hingga Marauke sangat berpotensi sebagai tempat pendaratan UARS. Namun kemungkinan untuk jatuh dipermukaan Bumi sangat kecil sekali dengan perbandingan 1:3200. Masyarakat tetap diminta waspada dan segera melapor ke aparat terkait jika menemukan serpihan dari UARS untuk nantinya diteliti lebih lanjut," tutupnya.

6 komentar:

Nadzar said...

bawa alien ndk itu,, hha

AbduGreen said...

wah,, bertambah lagi nih wawasanku,,, hehe,, thanks for sharing gan,,,

webmdmk said...

Kunjungan silaturahmim malam di sini sahabat...
Semoga tidak sampai di Indonesia..kalau pun sampai jatuh nya semoga dilaut jadi tidak ada kemungkinan korban jiwa yah

cardiacku said...

Ada bagian kecil yang jatuh menimpa rumah jadi berantakan kali yah semuanya...tidak bisa membayangkan semuanya itu

Noretz-area said...

wah keren donk uars bisa mendarat di indonesia........:)

Bangjal Dua Tiga said...

berarti ne dah sampai donk..hehe

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544