Friday, 9 September 2011

Apa sih penyebab Blackbery harganya akan naik?

.Jakarta – halo para pembaca rencana mengenai keputusan produsen BlackBerry (BB) membuka pabriknya di Malaysia bukan Indonesia tidaklah mengherankan. Banyak kalangan menilai kondisi iklim investasi di Indonesia terutama dari sisi infrastruktur jauh tertinggal dengan Malaysia. Iklim Investa di Malaysia sangat jelas, mulai dari aturan dan perundang-undangannya contohnya saja tanah. Apakah Tanah mereka akan diberikan oleh Indonesia, jika mereka membuka pabriknya di Indonesia? Jika di Malaysia aturan jelas, beda dengan di Indonesia, misalnya soal aturan pertanahan, kalau itu tanah negara kemudian diperlulan maka dikasih. Masalah undang-undang pertanahan mereka memang lebih pasti. Terkait BlackBerry, walaupun penduduk Malaysia tak besar namun orientasinya (BlackBerry) ke pasar kita," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian, Riset & Teknologi Bambang Sujagad kepada detikFinance, Rabu (7/9/2011).

Keunggulan berinvestasi di Indonesia hanya baik dalam menarik investasi portofolio yang justru tak menyentuh kepada sektor riil. Sementara Malaysia cukup mendukung investasi sektor riil seperti di bidang elektronika. Kalau di Malaysia investor yang butuh duit, Bunganya saja murah spread hanya 4% jadi bunganya hanya 6%-7%. Kalau di sini spread-nya bisa 7%jadi bungnya 13%. Pembukaan pabrik di Malaysia akan diprediksi menyerap tenaga kerja Indonesia (TKI) juga. Memang TKI lebih produktif dibandingkan ketika bekerja di Tanah Air.

TKI lebih produktif dibandingkan jika di Indonesia, mungkin di sana manajemen bagus, bayarannya lebih tinggi.  Selain itu biaya logistik di Indonesia termasuk yang paling termahal. Contohnya saja  biaya logistik laut per 1 mil laut di Indonesia 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan biaya logistik internasional. Kelayakan infrastruktur Indonesia dengan negara-negara tetangga masih banyak tertinggal. Khusus dengan Malaysia, semua aspek infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, listrik, energi dan lain-lain jauh tertinggal dengan Negeri Jiran tersebut.

Mengenai infrastrukti seperti jalan, listrik, pelabuhan laut, udara, kereta api. Kalau dengan Filipina kita menang semua, dengan Vietnam banyak kita menang ada juga yang kalah. Dengan Malaysia kita kalah semua
Terbatasnya infrastruktur di Indonesia berimbas pada peringkat daya saing yang hanya berada di posisi 44 dunia. Khusus untuk peringkat infrastruktur, Indonesia berada di nomor 90.

Jadi Indonesia juga harus memperhitungkan investasi mengenari infrastruktur, selain biaya logistik dan peran perbankan juga harus turut andil dalam menarik investasi di Indonesia. Management dalam urusan ketenagakerjaan juga harus dirubah untuk memberikan siklus iklim investasi yang baik dari pengusaha – pemerintah – tenaga kerja – konsumen.

Mari kita lihat apakah Indonesia mampu berbenah dalam aliran investasi asing yang masuk ke Indonesia?

31 komentar:

AbduGreen said...

Wah,,, keren gan artikelnya,,,, Jd nambah pengetahuan nih,,,,, Makasih banyak sob sharingnya Oke banget,,,,

Bangjal Dua Tiga said...

yang pasti Gan,, Kalau Sudah Naik Ya Harus Turun DOnk,, Masa Gak turun2,,

CIWIEL said...

nice share gan :D

oka1302 said...

sayangnya gua belum punya blackberry sob , tapi nice info daah :)

oh iya visit me back ya
http://asuhkabe.blogspot.com/

Beben Koben said...

mau dong BB...:P

Mexprex7 said...

Indonesia poek sok.
Ane dari gk kesampaian nih pngen pnya BB, gk kebeli. haduuuh...
gkgkgk... mahal.

heldalory said...

nice gan, kunjungan balik ya lorylocker.blogspot.com

abufarras said...

Belum punya BB gan...kalau mau naik belum mau beli ini...
Makasih sharing infonya gan...

blog-nailah said...

Jadinya BB mau naik harga ya...?
Kunjungan dan singgah perdana sobat

Rieezal Anime said...

Nice Artikel Gan.....
Jangan Lupa Kunjungannya ya gan....
http://rizal-narutoanime.blogspot.com/

Edy Sant said...

pengen liat indo maju :-D

angga said...

wahh ..keren boss
tank atas artikel nya ..
visit lagi ya boss http://angga-rifaldie.blogspot.com/

Wandi Wijaya said...

nice posting gan, lumayan nambah ilmu pngetahuan...

e-news said...

nice info

heldalory said...

ane gak punya BB gan, berhubung gak minat jg sih gan, hehehe lebih suka android, salam blogger gan, lanjutkan perjuangan hehehe

lorylocker.blogspot.com

era said...

BB g terjangakau sama uangku huhuhuh........
padahal pingin banget pegang BB

dokter said...

cocok bwt tugas kampus ni gan...
thanks y.. :)

kangtok said...

yg penting bs sms & nelpon udh seneng...hehehe...
posting buagus nih kawan....

WS said...

Support you .... you can follow my blog too now ...it´s on Guestbook :)

mastokkenari said...

pagi... bingung cari buku tamu hehehe....

CIWIEL said...

sama kyak yang diatas hehehe

btw ane udah mampir sob.. mana kopi nyeee ?? ^_^

P&E said...

Support & Follow .... Follow & Support me back :)

irsan blogger said...

nice artikel gan.. makasii kunjunganny ya..

irsannewwaver.blogspot.com

CIWIEL said...

kunjungan siang hari..
btw.. mana chat book nya sih??

wandi said...

alwayz blogging...

Devanoby said...

buat apa naik?? kalo ada g lebih bagus yaitu android... :D

mampir balik ya gan semua.. :)

sahrul said...

ijin nyimak gan..

Nice share dech..

CIWIEL said...

berkunjung kesini lagi masbro... ^_^

cerita cewek said...

wahhhh, makin susah bermimpi punya BB neh ...

Penerbit said...

Pelajaran Bagus untuk indonesia, semoga pemerintah lebih sadar, ^o^

Mario zoner said...

untung j sdh beli bb kl g bakalan tmbah mahal thu bb..

thanks tas sharing ilmunya gan.. :)

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544