Thursday 29 September 2011

New PC Tablet "Kindle Fire" - Amazon


Jakarta - Raksasa retailer online Amerika Serikat, Amazon, akhirnya mengeluarkan tablet PC andalannya. Diberi nama Kindle Fire, perangkat ini mengusung sistem operasi Android dan dibanderol USD 199 atau sekitar Rp 1,7 juta ($1 = Rp 8.900).
Raksasa.
- Sistem operasi Android yang dikustomisasi Amazon
- Prosesor dual core
- Layar 7 inch resolusi 1024x600, Gorilla Glass, 169 pixels per inch
- Storage internal 8GB, free Amazon cloud storage
- Baterai diklaim tahan 8 jam
- Micro USB
- Adobe Flash
- Wi Fi
- Berat: 413 gram

Meski minus fitur yang umumnya ada di tablet seperti kamera atau koneksi 3G, Kindle Fire punya kekuatan hebat di bidang konten yang berlimpah. Walaupun begitu . Tablet ini disebut-sebut sebagai ancaman kuat terhadap dominasi Apple iPad. CEO Amazon, Jeff Bezos, berharap Kindle Fire jadi media bagi konten buku, film, musik dan konten berbasis cloud milik Amazon. Kekayaan konten yang disediakan Amazon untuk Kindle Fire dinilai menjadi nilai tambahnya. 

Amazon mengatakan Kindle Fire bisa mengakses semua konten Amazon yang berlimpah seperti buku, majalah, film sampai MP 3. Selain itu, Kindle Fire juga dapat mengakses aplikasi Android yang dioptimalisasi untuknya melalui Amazon Android Appstore. User dapat mengunduh game-game populer termasuk Angry Birds, Cut the Rope dan sebagainya.

Proses integrasi Kindle Fire juga dapat dilakukan dengan Amazone App yakni berlangganan gratis selama 30 hari ke Amazon Prime.
Layanan ini sendiri sejatinya mewajibkan para member untuk membayar USD 79 per tahun untuk fasilitas gratis biaya antar, akses streaming TV dan film serta benefit lainnya.

Kindle Fire agaknya memang dioptimalisasi untuk menampilkan konten. Sehingga patut dicatat tablet ini tidak menyertakan beberapa fitur yang umumnya ada di tablet PC seperti kamera, GPS, bluetooth, HDMI dan slot microSD. 

Harga miring memang menjadi salah satu daya pikat Amazon untuk mengadu peruntungan di pasar komputer layar sentuh. Jika dibandingkan, harga Kindle Fire bahkan cuma setengah dari versi termurah iPad 2. Berbeda dengan iPad yang mengusung bentang layar 9,7 inch, Kindle Fire Amazon berdimensi lebih kecil yakni cuma 7 inch. Ia pun tidak dibekali kamera seperti tablet PC kebanyakan, hanya tetap mengandalkan akses WiFi.

Selain Kindle Fire, di acara yang sama Amazon juga memperkenalkan tiga pembaca e-book teranyarnya. Ketiganya adalah Kindle basic terbaru seharga USD 79, Kindle Touch USD 99, dan Kindle Touch 3G dengan banderol USD 149. Amazon akan mulai memasarkan Kindle Fire tanggal 15 November di Amerika Serikat, sebelum ke wilayah lain. 

Kekuatan lain dari Kindle Fire adalah layanan cloud computing dari Amazon yang disebut 'EC2'. Layanan ini diklaim memudahkan browsing internet dan membantu mempercepat loading halaman web. Para analis pun memprediksi Amazon dapat menjual jutaan unit Kindle Fire. Mark Gerber, analis di Detwiller Fenton & Co memprediksi Amazon menjual sedikitnya 3 juta Kindle Fire dan memposisikannya sebagai nomor dua di belakang iPad.

"Kindle Fire bisa dengan mudah menjadi tablet Android tersukses," kata Colin Sebastian, analis dari RW Baird. Ia memperkirakan Kindle Fire terjual 2 sampai 3 juta unit tahun ini dan 4 sampai 6 juta unit pada tahun 2012.

0 komentar:

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544