Wednesday 14 September 2011

Cara Ekstrim China - memusnahkan kemiskinan


Jakarta - Berikut adalah pernyataan mengenai cara China mengestaskan kemiskin yang jumlahnya sertara dengan penduduk R.I. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini tidak diraih secara cepat. Menurutnya, perlu kebijakan khusus untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dan itu juga memerlukan tahapn yang serius dalam mencapainya.

Dalam mengetaskan kemiskinan, meningkatkan mutu adalah prioritasnya bukan masalah kuantitas. Ekonomi bisa menyelesaikan masalah kemiskinan secara sebagian tapi tidak bisa menyelesaikan secara tuntas dan otomatis jadi harus kebijakan yang memihak rakyat miskin dan melakukan kebijakan ekonomi seimbang antara kota dan desa. 

China menyebutkan ada 5 cara untuk mengentaskan kemiskinan, yaitu pemerintah memimpin pengentasan kemiskinan, partispasi masyarakat, pemberdayakan masyarakat, pengembangan masyarakat, dan pengentasan kemiskinan melalui teknologi. Selain itu, pemerintah meningkatkan koordinasi pengentasan kemiskinan antar kota dan desa serta industrilisasi pertanian serta menyelesaikan masalah kebutuhan pokok.

Sementara secara khusus, pemerintah China banyak mengeluarkan anggaran untuk masyarakat miskin. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah hapuskan pajak pertanian sehingga negara mengalami kehilangan pendapatan sebesar 120 miliar yuan.

Pemerintah China juga menggelontorkan 130 miliar yuan untuk subsidi per tahun dan pemberian jaminan Living Social sebesar 1.400 yuan per orang per tahun untuk 52 juta orang tiap tahun. Selain itu, pemerintah juga memberikan dana bantuan 500 yuan untuk tambahan pendapatan orang miskin di China yang sekitar 5.919 yuan per tahun.

Jumlah pendapatan orang miskin 5.919 yuan tiap tahun ada dana bantuan 500 yuan tiap orang. Langkah pemerintah berperan besar dalam sandang, pangan, dan papan. Melalui kebijakan itu kesejahteraan rakyat semakin meningkat. Di bidang pendidikan, pemerintah China melaksanakan program wajib belajar 9 tahun. Dengan program tersebut, sekitar 97% anak usia 7-15 tahun telah bersekolah.

China menyelenggarakan pendidikan 9 tahun gratis dengan itu, persentase 7-15 tahun meningkat sekarang 97% yang sudah masuk sekolah .Untuk kebijakan kesehatan, pemerintah memberikan bantuan kepada rakyat miskin sehingga biaya kesehatan untuk rakyat miskin disesuaikan dengan kemampuannya. Di pedesaan punya 1 bank. Dan ketika sakit mereka mengeluarkan sedikit biaya yang ditanggung oleh subsidi pemerintah yang bisa diterima berdasarkan kemampuannya sendiri

Selain itu ada program perbaikan rumah untuk penduduk miskin. Hingga tahun 2015, China memprediksi target rumah penduduk miskin yang bisa diperbaiki sebanyak 8 juta keluarga. Ke depan, China berupaya untuk mengurangi kesenjangan antara wilayah Timur dan Barat China. Kesenjangan antara barat dan timur masih besar. Dengan pengembangan kawasan barat di Tiongkok 10 tahun ke depan kami upayakan terus pengurangan kemiskinan di kawasan barat kami.

Itulah cara kebijakan China dalam menangani kemiskinan, cara yang sangat serius dengan menggelontorkan biaya yang sangat besar untuk membuat kualitas living social menjadi naik. saat ini China sendiri masih berbenah dalam menangani ekonomi yang cukup terimbad dengan dampak Global Ekonomi.

Bagaimana dengan Indonesia sendiri?

30 Tahun China Musnahkan kemiskinan Setara Penduduk R.I.



5 komentar:

Noretz-area said...

coba di terapkan caranya ke bangsa kita....

Missing Link said...

Fakir itu mendekati Kafir.

Banyak org krna kemiskinannya akhirnya melakukan tindak2an kriminal.

10001 macam ide usaha said...

Indahnya saling memberi sesuatu yang bermanfaat buat orang lain,saling silahturahmi untuk menambah banyak teman dan wawasan.Artikel yang menarik, saya tunggu postingan berikutnya.tidak lupa borkmark ah..
salam buat para sahabat .
semoga sukses selalu

Ridzahul Khairin said...

wahh ini asli penuntasan kemiskinan sampe ke akar - akarnya, Apakah bisa di terapkan di Indonesia? sedangkan para petinggi-petinggi negara banyak terkait kasus korupsi..

Bisnis Style Magazine said...

@all yah memang ini belum bisa diterapkan dengan serius di Indonesia, harus ada benar2 komitmen untuk membrantas korupsi baru bisa terlaksana
http://bisnisstylemagazine.blogspot.com

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544