Wednesday, 14 September 2011

30 Tahun China Musnahkan kemiskinan Setara Penduduk R.I.

Jakarta – Berita mengejutkan datang dari China. China mengaku selama 30 tahun tahun terakhir berhasil mengurangi penduduk miskin. Tidak tanggung-tanggung angka keberhasilan China menyentuh = Penduduk Republik Indonesia. Penduduk dari 250 juta penduduk miskin menjadi 26 juta orang. Artinya ada sekitar 224 juta orang miskin naik kelas atau hampir setara jumlah penduduk Indonesia 237 juta orang. Berita Ekonomi ini membuat dunia takjub, karena dengan penduduk china yang sangat besar. China mampu mengentaskan kemiskinan yang cukup banyak

Menurut statistik dalam 3 dekade (30 tahun) jumlah orang miskin berkurang dari 250 juta menjadi 26 juta orang. Dalam bidang pengentasan kemiskinan ini, pemerintah China sempat kebingungan karena adanya tren penurunan jumlah orang miskin yang berhasil dientaskan. Hal ini berbeda dengan pertumbuhan ekonominya yang terus naik setiap tahun dengan rata-rata 10%.

Di bidang pengurangan kemiskinan ada kecenderungan berbeda dengan pertumbuhan ekonomi, rata-rata pertumbuhan ekonomi China adalah 10% tiap tahun.

Pada sekitar tahun 1980-an, yaitu semenjak adanya keterbukaan informasi, pengurangan penduduk miskin rata-rata 17 juta penduduk. Namun, pada pertengahan tahun 1990-an pengurangan kemiskinan turun hanya bisa mencapai 6 juta tiap tahun. Hal ini semakin menurun pada abad baru yaitu hanya rata-rata 3 juta orang tiap tahun.

 Pada tahun 2002, China membuat program pro rakyat miskin sehingga pengurangan kemiskinan kembali meningkat dengan rata-rata 9 juta penduduk miskin per tahun. Bahkan, pada 2 tahun terakhir jumlah penduduk miskin bisa dikurangi hingga 13 juta per tahun.

China membuka rahasianya bagaimana pengurangan kemiskinan semakin menurun. Dari 2002, China membuat program dan kebijakan baru dengan menghapus pajak pertanian tapi subsidi tetap diberikan.
China juga memberi jaminan sosial di pedesaan. Melalui langkah-langkah tersebut kami mempercepat langkah penurunan kemiskinan," pungkasnya. China mengaku taraf living social nya pun naik. Mulai dari lifestyle, technology serta keuangan perbankan naik.

Berdasarkan data PBB, 10 besar negara yang jumlah penduduknya tertinggi pada tahun 2009. Total penduduk dunia pada tahun 2009 sebanyak 6,829 miliar orang.
  1. China: 1,346 miliar orang
  2. India: 1,189 miliar orang
  3. AS: 315 juta orang
  4. Indonesia: 231 juta orang
  5. Brasil: 194 juta orang
  6. Pakistan: 181 juta orang
  7. Bangladesh: 162 juta orang
  8. Nigeria: 155 juta orang
  9. Rusia: 141 juta orang
  10. Jepang: 127 juta orang
  11. Negara-negara lainnya: 2,779 miliar.
Proyeksi penduduk dunia pada tahun 2025 meningkat tajam yaitu 8,012 miliar orang, dengan rincian:
  1. China: 1,453 miliar orang
  2. India: 1,431 miliar orang
  3. AS: 359 juta orang
  4. Indonesia: 263 juta orang dan lain-lain.
Pada tahun 2050 jumlah penduduk dunia akan diproyeksikan berjumlah 9,150 miliar orang dimana jumlah penduduk China justru turun mencapai 1,417 miliar, sedangkan India naik tajam 1,614 miliar orang disusul AS sebanyak 404 juta orang, Indonesia 288 juta orang, Brasil 219 juta orang.

Cara Ekstrim China - memusnahkan kemiskinan

29 komentar:

Ridzahul Khairin said...

Fantastis banget dh...

Coba indonesia, gk banyak penyimpangan di pemerintahannya, di pastikan rate penduduk miskin akan menurun,

Sekalian Blogwalking :D

Noretz-area said...

indonesia kalah saing dalam ekonomi sama cina....
makmur2 rakyatnya.

riou hato said...

indonesia kalah sama china karena indonesia itu orangnya malas (maaf tidak bermaksud mengolokkan)daripada china :D

seharusnya rakyat indonesia ini mempunya sifat mandiri yang tidak terlalu berharap pada orang lain untuk memberi bantuan

F F said...

wah ..wah ..wah

chepy said...

:D
ane ga bs comment dh,
yg pasti nice info sob ;)

Visit my blog Renboy Blog

arief said...

wah itu bagus kang ..........andai indo kayak gitu.......

x-man2 said...

makash ats infony gan..

Bisnis Style Magazine said...

@all untuk saat ini Indonesia mungkin belum, memang harus ada Komitmen tegas untuk membrantas korupsi dan kemiskinan, korupsi hanya terjadi di Negara miskin, miskin budaya, miskin ilmu terlebih miskin etika dan moral
http://bisnisstylemagazine.blogspot.com

Blog Bisnis said...

Kapan ya Indonesia bisa seperti itu, salam kenl sob, salam sukses selalu

sugeng tigefa said...

jadi bingung mau ngoment :D

niceeee infoo......

tigefa dot info

Rama88 said...

indonesia mah selalu terbelakang dari negara tatangga,, hehhee,, (gak bermaksud menjelekkan negara sendiri lho).. thx infonya sob,, salam kenal,, kunjungan perdana nih,, :D

rury satria said...

keren gan blog nya, salm kenal gan

Penerbit said...

Kenapa Indonesia ga' ikut2 cara "rahasia" china yo ???? #?#

Miea said...

hai cico,,,nice post,,^^
kpan ya indonesia bisa menyejahterakan rakyatnya,,,huhu

Wandi Wijaya said...

nice article....

archer said...

nice blog

Noottez said...

Indonesia harus byk belajar dgn Cina dlm hal pengentasan kemiskian, kalo bisa internet gratis..gmn?

Rieezal Anime said...

Nice Artikel....

Bangjal Dua Tiga said...

indonesia emang top BGT dech

heldalory said...

Fantastis gan, coba kita gitu, pasti pada kaya2 kita gan, hahaha jgn mau mati miskin gan,.

AbduGreen said...

Kapan ya indonesia bisa seperti negara2 tetangga... seperti jepang, dll. hehe,,,, Nice info gan...

Let's Eat Some Good Food said...

you dont have chat box? anyway visit me daily, ill do the same

http://letseatsomegoodfood.blogspot.com/

apakah ini itu said...

mental orang-orang indonesia masih kalah jauh ama china sob..

Mega said...

Ntah apa yang dipikirkan pemerintah indonesia...Apa mereka gk bisa meniru Cina...
apa tidak malu menjadi negara yang slalu di peringkat bawah..huft....semoga generasi muda saat ini bisa memperbikinya dimasa yang akan datang

mario zoner said...

wah hebat yach..kapan indonesia bs mengurangi kemiskinan rakyatnya?

gyion said...

yaudalah pindah ke cina aja ntar ane gan...

Goesphin said...

Wah, baru tahu saya.. terima kasih infonya.. ^^

Villa massilia seminyak said...

Seharusnya pemerintah Indonesia bisa meniru kebijakan pemerintah China dalam hal pengurangan angka kemiskinan.

WA said...

indonesia harus berguru dgn china..wajib itu

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544