Sunday 30 October 2011

Bank Indonesia Terbitkan Uang Kertas Baru , 31/10/2011 !!

BI Keluarkan Uang Kertas Baru

Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang kertas baru untuk pecahan Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu. 


Meski bukan merombak seluruh desain uang kertas, bank sentral melakukan upgrade pada pecahan Rp 20 ribu dan Rp 100 ribu yang dikeluarkan di tahun 2004 serta Rp 50 ribu yang dikeluarkan di tahun 2005.

 
Untuk pecahan Rp 20 ribu, penambahan dilakukan di tiga aspek.


Pertama, penambahan unsur pengamanan rainbow printing di sebelah kanan gambar utama pada bagian depan uang berupa bidang berbentuk segi empat, yang memiliki efek berubah warna apabila dilihat dari sudut pandang tertentu.


Kedua, bank sentral juga menambahkan desain berbentuk lingkaran kecil berwarna hijau dan berwarna putih di tengah yang letaknya tersebar di sebelah gambar utama pada bagian depan uang dan belakang uang. 


Ketiga, perubahan kode tuna netra berupa dua buah persegi panjang yang semula tidak kasat mata menjadi terlihat dan berasa kasar apabila diraba, terletak di kiri gambar utama bagian depan uang.


Untuk pecahan Rp 50 ribu, BI juga memberi penambahan desain baru pada unsur pengaman rainbow printing seperti uang pecahan Rp 20 ribu. 


Penambahan juga diberikan dengan membuat desain berbentuk lingkaran kecil berwarna oranye dan ditengahnya berwarna putih, yang diletakkan tersebar di sebelah gambar utama pada bagian depan maupun belakang.


Selain itu, perubahan kode tuna netra juga dilakukan. Bank sentral mengubah kode ini dengan gambar dua buah segi tiga yang semula tidak kasat mata menjadi terlihat dan terasa kasar apabila diraba, di posisi kiri gambar utama pada bagian depan uang.


Khusus pecahan Rp 100 ribu, senada dengan uang baru Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu, penambahan unsur pengaman rainbow printing juga dilakukan. BI juga menambah desain dengan lingkaran kecil berwarna merah dan ditengahnya berwarna putih yang tersebar di sebelah gambar utama pada bagian depan dan belakang uang.


Perubahan kode tuna netra yakni dua buah lingkaran juga diberikan. Untuk pecahan ini, BI juga menambah tulisan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) dari yang semula hanya bertuliskan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

Penukaran bisa dilakukan mulai Senin (31/10) 
 

1 komentar:

Rama88 said...

wahhh ada uang baru lagi ya dari BI.. manteb dah,, heheh,, makasih infonya sob,,

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544