Saturday 10 September 2011

Index Dow Jones ditutup dibawah 11.000 - Gempar


Jakarta, BisnisStyleMagazine.Blogspot.com  - Resesi lagi-lagi mau menghantui Amerika, Pada Jumat 9/9/2011 waktu Amerika atau Sabtu pagi WIB, Perdagangan Pasar saham Amerika Serikat jatuh. Index Dow Jones Industrial Average merosot 2,69 persen atau lebih dari 300 point . Index  Dow Jones kini dibawah 11.000. Indeks Dow turun 303,68 poin atau 2,69 persen dan ditutup  menjadi 10.992,13. Indeks S&P 500 turun 31,67 poin atau 2,67 persen  menjadi 1.154,23, sementara indeks gabungan saham-saham teknologi Nasdaq jatuh 61,15 poin  atau 2,42 persen menjadi 2.467,99. (Sumber:Marketwatch.com)

Sebab penurunan ini adanya kerisauan dana talangan tidak akan dikucurkan bagi Yunani, selain itu berita ECB (Europe Central Bank) juga memicu penurunan drastis tersebut. Kabar dari ECB mengatakan Kepala Ekonom ECB , Juergen Stark memundurkan diri. Alasan yang diberikan sampai saat ini belum jelas. Kejadian ini menggambarkan banyaknya tekanan dari luar kepada ECB untuk mengatasi krisis eropa yang terjadi saat ini. Beberapa jam setelah pengunduran dirinya diumumkan, seluruh pasar regional jatuh tajam. Banyaknya ketakutan tentang situasi utang Eropa , khususnya di Yunani menjadi pemicunya. Hal ini mendorong investor bergegas untuk menyelamatkan investasinya ke  obligasi pemerintah AS (Sumber:Marketwatch.com)

Kabar penyebab jatuhnya Dow Jones dibawah 11.000 tidak hanya dari luar negri, Kabar dari dalam negeri mengenai pengajuan stimulus US $447 miliar oleh Presiden Barack Obama juga memberi andil kepada penurunan. Persetujuan dewan kongrespun belum jelas mengenai stimulus tersebut. Investorpun cemas apakah stimulus yang akan dikucurkan , apakah dapat memberikan masa depan yang lebih baik bagi prospek bisnis kedepannya (Sumber:Detik.com)

Rencanannya dana stimulus tersebut akan digunakan untuk memperbanyak jumlah lowongan pekerjaan. Amerika kini didera banyak masalah bukan hanya masalah ekonomi saja, masalah bencana alam pun menghantuinya. Badai Irene memberikan dampak yang cukup berbahaya sebanyak 370.000 orang diungsikan untuk menghindari badai Iren. Kebakaran hutan yang terjadi di california dan texaspun memberikan dampak negativ kepada Amerika. 

Amerika kini memiliki banyak masalah untuk diselesaikan. Investasi asing pun harus diselamatkan untuk menghindari gagal bayar seperti Yunani dan Portugal. Mari kita saksikan saja bagaimana kedepan prospek bisnis di Amerika.

2 komentar:

Noretz-area said...

Nice info mas..........:)

Majalah Bisnis Bergaya said...

sama-sama Informasi mudah2an saja berguna :)

Post a Comment

Translator

Hubungi saya, 08998451544